Tantangan Masa Depan - Ketersediaan Sumber Daya Alam

 




         Masa depan tidak luput dari perubahan, manusia sebagai makhluk hidup pasti terus berkembang untuk memenuhi kebutuhannya, begitupun dengan alam semesta ini. Dunia ini tidak mungkin memiliki keadaan seperti saat ini terus menerus, akan datang masa ketika kekayaan dan sumber daya alam berkurang bahkan habis. Hal ini tidak dapat dihindari, kita sebagai manusia harus bisa menghadapinya dan mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. VUCA dapat menjadi “kacamata” untuk memahami dan menghadapi tantangan-tantangan di masa depan.

        VUCA merupakan akronim dari Volatility, Uncertainity, Complexity, Ambiguity. VUCA ini diharapkan dapat membantu kita dalam menghadapi tantangan di masa depan. Salah satu isu penting di masa depan yaitu ketersediaan sumber daya alam. Isu tersebut dapat dipahami dengan analisis VUCA. Volatility untuk isu ini yaitu ketersediaan sumber daya yang terus berkurang seiring dengan pertumbuhan penduduk dan kebutuhan manusia yang tidak ada habisnya. Uncertainity memiliki pengertian suatu hal yang tidak jelas, untuk isu ini terjadi karena ketidakjelasan jumlah atau banyaknya sumber daya alam yang tersedia di masa depan. Complexity untuk tantangan ini yaitu dengan berkurangnya sumber daya alam akan berdampak pada faktor-faktor lain seperti sosial, ekonomi, politik, dan sebagainya. Ambiguity dalam hal ini yaitu banyaknya kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi ketika sumber daya alam berkurang atau habis, kemungkinan-kemungkinan tersebut membawa kita pada hasil yang tidak jelas.

        Isu mengenai sumber daya alam di masa depan menjadi sangat penting karena selama dunia ini masih dihuni oleh makhluk hidup pasti sumber daya alam terus dibutuhkan untuk kelangsungan hidup. Keterbatasan ketersediaan sumber daya menjadi tantangan yang harus segera dicari solusinya. Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama untuk mencari solusi tersebut.

        Cara menghadapi tantangan tersebut bisa dengan mengembangkan sumber daya alternatif baru dari bahan yang tersedia dalam jumlah banyak. Untuk mewujudkan hal ini, dibutuhkan orang-orang yang ahli dibidangnya dan pelajar-pelajar yang mendalami ilmu tersebut. Pemerintah dan masyarakat juga berperan penting dalam mewujudkannya. Pemerintah harus bijak dan tegas dalam membuat aturan-aturan mengenai penggunaan sumber daya yang tersedia sedangkan masyarakat harus memanfaatkan sumber daya tersebut dengan sebaik-baiknya, jangan sampai hal itu terbuang sia-sia.


#TantanganMasaDepan #DuniaVUCA #OSKMITB2020 #TerangKembali



sumber:

https://www.vecteezy.com/vector-art/173669-natural-resource-hand-drawn-vector-illustration

Komentar

Postingan Populer